Batas Nilai Normal Asam Urat Dalam Tubuh

Batas Nilai Normal Asam Urat Dalam Tubuh

Batas Nilai Normal Asam Urat Dalam Tubuh,- Penting untuk kita mengetahui batas nilai normal asam urat dalam tubuh, agar kita selalu berusaha mempertahankan nilai normal tersebut. Karena, apabila asam urat tinggi dibiarkan saja, maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti batu ginjal dan radang sendi. Lalu berapakah batas normal asam urat yang dibutuhkan tubuh?

Bahan kimia yang diproduksi tubuh dengan cara memecah senyawa organik yang disebut purin. Contohnya makanan yang mengandung purin antara lain hati, ikan asin, makarel, kacang kering, bir dan anggur. Purin juga dihasilkan ketika terjadi kerusakan sel-sel di dalam tubuh. Dengan demikian, kadar asam urat dalam darah bervariasi dari hari ke hari tergantung pada jenis makanan dan gangguan pada tubuh.

Asam urat yang dihasilkan akan larut dalam darah, disaring oleh ginjal kemudian dibuang melalui urin. Terkadang proses ini terganggu, dimana tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau ketika tubuh tidak dapat menyaring asam urat dengan baik. Sebagai akibatnya asam urat tinggi dalam darah atau disebut dengan istilah hiperurisemia.

Untuk mengetahui berapa kadar asam urat seseorang, maka diperlukan pemeriksaan untuk melakukannya dan patokan hasilnya adalah sebagai berikut:

Pada pria dewasa nilai normal asam urat adalah 2 – 7.5 mg/dL, sedangkan pada wanita dewasa 2 – 6.5 mg/dL
Pada pria di atas 40 tahun, normalnya 2 – 8.5 mg/dL, sedangkan pada wanita di atasi 40 tahun, normalnya 2 – 8 mg/dL.
Pada anak laki-laki usia 10-18 tahun nilai normal asam urat adalah 3.6 – 5.5 mg/dL, sedangkan pada anak perempuan 3.6 dan 4 mg/dL.

Apabila kadar asam urat di atas nilai normal, maka dikatakan tinggi dan perlu dilakukan upaya penanganan agar segera kembali pada nilai normal.

Sumber: Batas Nilai Normal Asam Urat Dalam Tubuh

Baca Juga:

Penderita Asam Urat Harus Selektif Memilih Jenis Minuman

Diberdayakan oleh Blogger.